scraps

Tuesday, May 22, 2012

PERILAKU KONSUMEN INDONESIA

Konsumen , kita sering kali mendengar kata konsumen dalam kehidupan sehari-hari . Konsumen itu sendiri adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan . Sedangkan pengertian dari Perilaku Konsumen itu sendiri adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen ketika membuat keputusan untuk membeli suatu barang . Biasanya konsumen yang ingin membeli barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah tanpa banyak pertimbangan , sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang lebih matang dan banyak pertimbangan .

Di Indonesia terdapat beberapa ciri-ciri perilaku konsumen yang unik antara lain :
1. Memiliki Memori Jangka Pendek.
Konsumen Indonesia biasanya tidak memikir jangka panjang ketika ingin membeli suatu barang misalnya kegunaan dari barang yang akan di belinya .


2. Tidak Memiliki Perencaaan.
Konsumen Indonesia biasanya menyukai segala sesuatu yang instan . Yang bentuknya menarik dan lucu pasti dibeli . termasuk saya hehe


3. Suka Berkumpul
Konsumen Indonesia suka berkumpul , apalagi ketika zaman sekarang sudah ada facebook , twitter yang sangat diminati . Dan kalau membeli barang sukanya rame-rame , satu membeli yang lain juga ikutan membeli tanpa perencaan dan berpikir panjang .


4. Gaptek
 Konsumen Indonesia cenderung tidak mengerti teknologi . mereka hanya mau yang serba instan saja dan tidak merepotkan .



5. Mengutamakan Konteks, Bukan Konten
Konsumen Indonesia lebih mengutamakan konteksnya misalnya tampilan luarnya yang lebih menarik dari pada kontennya dan yang penting cepet dan instan . Contohnya makanan junk food lebih banyak dinikmati pada zaman sekarang daripada makanan tradisional yang jelas-jelas lebih sehat .


6. Suka Buatan Luar Negeri
Konsumen Indonesia cenderung menggunakan barang yang ber-merk Luar Negeri dari pada buatan asli Indonesia . Padahal kualitasnya tidak jauh bagus dari buatan Luar Negeri . Makanya banyak produsen yang memalsukan merk .


7. Beragama dan Supranatural
Konsumen di Indonesia memilih makanan yang ada simbol halalnya dan hal-hal yang alami .

8. Pamer dan Bergengsi
Konsumen Indonesia cenderung menempatkan gengsi dan gaya hidup sebagai prioritas nomor satu. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana tetap larisnya penjualan mobil mewah di Indonesia meskipun kondisi ekonomi global sedang terpuruk. Penyebab “penyakit” gengsi ini salah satunya adalah karena masyarakat kita masih mengukur kesuksesan dengan banyaknya materi dan jabatan yang dimiliki .


9. Kekuatan Sub Culture
 Adat istiadat masih kuat di daerah-daerah Indonesia . Contohnya ketika orang ingin pergi ke acara pernikahan rata-rata orang menggunakan batik sebagai kustumnya .


10. Kesadaran Terhadap Lingkungan Rendah
Konsumen yang kurang sadar terhadap lingkungan adalah cermin perilaku yang tidak baik . Isu  terhadap lingkungan sangat cepat menyebar apalagi di kalangan menengah atas .




Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsumen
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://kumpulan-artikel-bisnis.blogspot.com/2011/12/10-ciri-ciri-perilaku-konsumen.html

No comments:

Post a Comment