Di Indonesia terdapat beberapa ciri-ciri perilaku konsumen yang unik antara lain :
1. Memiliki Memori Jangka Pendek.
Konsumen Indonesia biasanya tidak memikir jangka panjang ketika ingin membeli suatu barang misalnya kegunaan dari barang yang akan di belinya .
2. Tidak Memiliki Perencaaan.
Konsumen Indonesia biasanya menyukai segala sesuatu yang instan . Yang bentuknya menarik dan lucu pasti dibeli . termasuk saya hehe
Konsumen Indonesia suka berkumpul , apalagi ketika zaman sekarang sudah ada facebook , twitter yang sangat diminati . Dan kalau membeli barang sukanya rame-rame , satu membeli yang lain juga ikutan membeli tanpa perencaan dan berpikir panjang .
Konsumen Indonesia cenderung tidak mengerti teknologi . mereka hanya mau yang serba instan saja dan tidak merepotkan .
5. Mengutamakan Konteks, Bukan Konten
Konsumen Indonesia lebih mengutamakan konteksnya misalnya tampilan luarnya yang lebih menarik dari pada kontennya dan yang penting cepet dan instan . Contohnya makanan junk food lebih banyak dinikmati pada zaman sekarang daripada makanan tradisional yang jelas-jelas lebih sehat .
Konsumen Indonesia cenderung menggunakan barang yang ber-merk Luar Negeri dari pada buatan asli Indonesia . Padahal kualitasnya tidak jauh bagus dari buatan Luar Negeri . Makanya banyak produsen yang memalsukan merk .
Konsumen di Indonesia memilih makanan yang ada simbol halalnya dan hal-hal yang alami .
8. Pamer dan Bergengsi
Konsumen Indonesia cenderung menempatkan gengsi dan gaya hidup sebagai prioritas nomor satu. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana tetap larisnya penjualan mobil mewah di Indonesia meskipun kondisi ekonomi global sedang terpuruk. Penyebab “penyakit” gengsi ini salah satunya adalah karena masyarakat kita masih mengukur kesuksesan dengan banyaknya materi dan jabatan yang dimiliki .
Adat istiadat masih kuat di daerah-daerah Indonesia . Contohnya ketika orang ingin pergi ke acara pernikahan rata-rata orang menggunakan batik sebagai kustumnya .
Konsumen yang kurang sadar terhadap lingkungan adalah cermin perilaku yang tidak baik . Isu terhadap lingkungan sangat cepat menyebar apalagi di kalangan menengah atas .
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsumen
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://kumpulan-artikel-bisnis.blogspot.com/2011/12/10-ciri-ciri-perilaku-konsumen.html
No comments:
Post a Comment